Simak Cara Ampuh Mengobati Candidiasis

 

Meski terdengar biasa, karena penyakit ini menimbulkan gatal dan kemerahan. Tapi penyakit ini tidak bisa di anggap sepele lho. Hampir lebih dari 20 jenis jamur yang ada pada penyakit Candidiasis. Sebelum membahas bagaimana cara mengobati candidiasis, perlu ada ulasan mengenai bahaya Candidiasis.

Selain jamur Candida Albicans yang menyerang, ada juga jamur Candida Auris. Perbedaannya pada zona yang terinfeksi. Kalo Albicas sering ditemukan pada area yang lembab. Sedangkan kalau auris pada air kemih dan saluran pernapasan. Candida Auris terbilang membahayakan dibanding yang lain. Candida Auris merupakan jamur yang kebal terhadap obat anti jamur. Pasalnya jamur ini bukan hanya menimbulkan luka, namun jamur ini menyebabkan iritasi pada darah dan luka.

Infeksi Candidiasis bukan hanya disebabkan dari aktivitas diri sendiri gang kurang menjaga kebersihan. Namun infeksi ini juga dapat tertular dari si penderitanya. Misal pada infeksi yang terjadi pada kelamin. Apabila ada sepasang suami istri, yang salah satunya terkena jamur candida maka harus di terapi. Tujuannya agar tidak saling menularkan.

READ  Gejala, Penyebab, dan Faktor Risiko yang Menyebabkan Eksim Atopik

Langkah baiknya jika diantara kalian ada yang mengalami penyakit diatas segeralah konsultasikan ke dokter. Sebelum ke dokter, ada juga cara mengobati Candidiasis dengan cari yang lebih mudah dan sederhana.

Pertama cara mengobati candidiasis bisa dilakukan dengan cara yang sederhana yaitu menjaga kebersihan diri sendiri. Mulai dari berpakaian, konsumsi makanan, dan gaya hidup. Berikut beberapa gaya hidup yang sehat dan perlu anda terapkan :

  1. Gunakan pakaian yang tidak ketat. Anda bisa menggunakan pakaian yang sedikit longgar, agar adanya sirkulasi udara di badan. Hal ini ditujukan agar permukaan kulit tidak berkeringat dan lembab. Bahwasanya zona yang lembab dan berkeringat, menjadi sarang timbulnya jamur.
  2. Rajin mengganti kaos kaki dan pakaian dalam. Kebiasaan yg sering mengganti kaos kaki 3 hari sekali, memiliki kesempatan besar untuk jamur dapat muncul dan bekembangbiak. Sehingga hal itu juga memicu candidiasis.
  3. Rajin menjaga kebersihan kulit. Setelah olahraga, ada baiknya anda langsung membersihkan badan. Karena keringat yang ada di seluruh badan, memudahkan jamur cepat tumbuh.
  4. Konsumsi vitamin atau probiotik secara teratur. Tujuannya untuk menjaga daya tahan tubuh atau imun lebih kuat dan kebal terhadap penyakit.
READ  5 Langkah Mudah Merawat Kulit Kering

Cara mengobati candidiasis bukan hanya mengatur pola hidup, tapi juga perlu mengkonsumsi obat-obatan, khususnya bagi penderita infeksi candiasis yang sudah menjalar kebagian tubuh. Hal ini menjadi langkah awal yang perlu dilakukan bagi penderita candidiasis untuk langsung mengonsumsi obat antifu. Beberapa obat-obatan yang dapat menghilangkan candidiasis baik topikal maupun oral :

  1. Polyene, merupakan obat antijamur berspektrum luas. Contoh obat polyene adalah nystatin dan amphotericin B.
  2. Antijamur golongan azole. Obat ini merupakan obat pertama yang akan diberikan pada penderita infeksi jamur candida. Contoh obat-obatan yang masuk ke dalam golongan azole, yaitu itraconazole, fluconazole, dan voriconazole. Selain dalam bentuk topikal, obat ini juga diberikan dalam bentuk oral.
  3. Azole topikal. Hampir sama dengan obat azole lainnya, hanya saja dikemas dalam bentuk cream dan digunakannya dengan cara mengoles ke permukaan kulit yang terserang infeksi jamur candida.
READ  Tips Jitu Merawat Kulit Yang Berminyak

  1. Penghambat sistesis golongan glukan. Obat ini digunakan bagi penderita candidiasis golongan berat yang membutuhkan penanganan serius. Golongan obat-obat yang termasuk ke dalam glukan adalah cospofungin dan micafungun.

Tujuan pemberian obat, untuk menghambat penyebaran infeksi jamur candida. Khususnya bagi penderita candiasis yang sudang menyerang ke sebagian tubuh, perlu untuk mengonsumsi obat-obatan yang sudah dijelaskan diatas.

Sumber :

www.alodokter.com

www.doktersehat.com

 

 

You May Also Like

About the Author: Yanti Indriyani