Apa Sajakah Ciri-Ciri Eksim Atopik? Simak Uraiannya dan Cara Mengobatinya

Eksim atopik atau dermatitis atopik adalah peradangan kulit yang terjadi dalam jangka panjang yang ditandai dengan kondisi ruam merah, kulit bersisik, kering, dan terasa gatal. Terkadang, dapat ditemukan lepuhan kecil yang mengandung cairan bening. Kondisi tersebut biasanya dijumpai pada anak-anak. Akan tetapi, kondisi ini juga dapat dialami semua kalangan umur dan bisa juga disertai asma atau rinitis alergi.

Mengenai penanganan yang tepat, kesadaran terkait berbagai ciri-ciri eksim atopik di atas sangat diperlukan. Semua itu akan membantu dalam memeriksakan diri ke dokter agar pemeriksaan lebih akurat dan lebih cepat. Prosesnya bisa kooperatif antara dokter dan pasien, terlebih dalam sesi wawancara medis saat pemeriksaan diagnosis.

Ciri-Ciri Eksim Atopik

Ciri-ciri eksim atopik adalah kulit menjadi terasa gatal, kering, pecah-pecah, sakit, dan timbul ruam merah. Dermatitis atopik ini bisa mempengaruhi setiap bagian tubuh, tetapi area yang paling sering terserang adalah daerah lutut, lengan siku, sekitar leher, pipi, dan tangan.

READ  Agar Tak Semakin Parah, Hindarilah Beberapa Hal Pemicu Eksim Atopik Ini

Tingkat keparahan eksim atopik ini sangat bervariasi karena berbeda dari satu orang ke orang lain. Mereka yang mengalami kasus eksim ringan mempunyai gejala lebih ringan yaitu kulit hanya menjadi kering, terkadang gatal, dan itupun di area sempit. Berbeda dengan ciri-ciri eksim atopik yang lebih parah, dermatitis atopik dapat menimbulkan gejala kulit merah luas, kulit yang meradang di seluruh tubuh dan gatal yang tak kunjung reda.

Dikutip dari honestdocs.id, gejala dermatitis tersebut akan memburuk saat digaruk karena garukan menjadikan kulit berdarah, semakin gatal, dan menyebabkan infeksi sekunder. Infeksi sekunder tersebut meliputi eksim yang meluas dan lebih parah. Mengalirnya cairan dari kulit berupa nanah atau darah kotor. Cairan putih atau kuning juga menempel di permukaan area yang terkena eksim. Timbulnya kerak kuning di permukaan kulit. Efeknya, kulit pun menjadi bengkak dan sakit. Badan juga mengalami demam bersuhu tinggi.

READ  Gejala dan Cara Mengobati Eksim Atopik agar Tak Kambuh Lagi

Cara Mengobati Eksim Atopik

Pengobatan medis harus segera dilakukan, mengingat kondisi kulit yang bisa semakin parah terinfeksi eksim atopik. Upaya penanganan yang tepat harus dilakukan sesegera mungkin setelah mengalami ciri-ciri eksim atopik. Ketika memang mengalami gejalanya, segeralah periksa ke dokter untuk melakukan tahap diagnosis. Proses diagnosis yang dilakukan adalah melalui wawancara medis dan pemeriksaan fisik. Wawancara medis tersebut berguna untuk mengetahui apa sajakah gejala yang dialami pasien dan riwayat kesehatan yang dimiliki. melalui wawancara medis tersebut, dokter akan memahami bagaimana kondisi pasien, lalu melakukan pemeriksaan fisik untuk memperjelas diagnosis.

Diagnosis eksim atopic memang cukup sederhana. Umumnya, dokter membuat diagnosis dengan memeriksa kondisi kulit. Dokter juga memeriksa apakah pasien merasakan sakit ketika area kulit disentuh dan melakukan tes mata guna melihat apakah mata ikut terpengaruh. Dokter juga melakukan tes sampel kulit untuk mengesampingkan kemungkinan infeksi lain tentang alergi yang dimiliki.

READ  5 Langkah Mudah Merawat Kulit Kering

Apabila pasien positif mengalami eksim atopik ini, metode pengobatan harus segera dilakukan sesuai dengan kondisi yang dialami. Beberapa pilihan pengobatan yang bisa meringankan ciri-ciri eksim atopik yang satu ini. Tujuan dari perawatan tersebut adalah mencegah dermatitis atopik agar tidak memburuk, meringankan rasa gatal dan perih, mengurangi stres emosional, mencegah terjadinya infeksi, dan menghentikan penebalan kulit.

Berbagai pilihan pengobatan yang diresepkan dokter adalah krim untuk mengendalikan gatal, obat yang melawan infeksi, mengonsumsi minum untuk mengendalikan peradangan, memberikan suntikan antibodi monoklonal, dressing basah, dan terapi cahaya.

 

sumber artikel:

hellosehat.com

www.honestdocs.id

 

sumber gambar:

hellosehat.com

lifestyle.kompas.com

 

You May Also Like

About the Author: Yanti Indriyani