Agar Tak Semakin Parah, Hindarilah Beberapa Hal Pemicu Eksim Atopik Ini

Tahukah Anda bahwa eksim atopik ini sangat banyak penyebabnya? Faktor risikonya juga harus diperhatikan karena berkaitan dengan beberapa jenis alergi. Tidak hanya apda anak-anak saja, penyakit ini juga bisa dialami orang dewasa. Intensitas gejalanya juga berbeda-beda sesuai dengan penyebab yang memicunya dan sistem kekebalan tubuh penderitanya.

Eksim atopik adalah kondisi yang sensitif. Mengetahui semua itu, hendaknya Anda harus mencegah penyakitnya agar tidak semakin parah dengan memperhatikan berbagai hal. Kasus yang sensitif ini hendaknya harus diperhatikan dengan baik dan segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis. Berikut ini adalah hal yang wajib dihindari oleh penderita agar kondisi kulitnya bisa kembali normal.

  1. Menggaruk Kulit yang Gatal

Sebagian besar pengidap eksim atopik memang mengalami gejala yang hilang timbul dan terkadang terjadi tanpa pemicu yang jelas. Oleh karena itu, untuk mencegah timbulnya gejala yang sering timbul, dokter menyarankan pengidap untuk menghindari beberapa hal yang menjadi faktor risiko munculnya gejala.

READ  Gejala dan Cara Mengobati Eksim Atopik agar Tak Kambuh Lagi

Salah satu hal yang harus dihindari adalah menggaruk area kulit yang gatal. Rasa gatal ini memang terasa mengganggu, tetapi disarankan untuk tidak menggaruknya apalagi jika menggaruk dengan kuku. Alasannya adalah agar tidak terbentuk luka baru dan justru menimbulkan infeksi, terlebih jika tangan dan kuku kotor. Apabila sudah tak tahan lagi, maka garuk daerah yang gatal tersebut dengan lembut, tanpa menggunakan kuku. Cuci tangan terlebih dahulu agar bersih dan kuman tidak menempel.

  1. Berpanas-Panasan atau Kedinginan

Eksim atopik adalah kondisi yang rentan dan mudah kambuh atau cepat parah jika terkena berbagai penyebab alergi lainnya. untuk itu, penderitanya harus menghindari penyebabnya berupa rangsangan suhu yang terlampau ekstrem. Agar kondisinya segera normal kembali, penderita eksim atopik perlu menghindari terkena paparan udara atau air yang terlalu panas atau dingin. Suhu udara atau air yang terlalu ekstrem dapat memicu iritasi.

  1. Menggunakan Sabun yang Berbahan Kimia

Berikutnya, hal yang harus dihindari adalah menggunakan bahan kimia, termasuk sabun yang berbahan kimia. Hal ini sangat berguna untuk menjaga kesehatan kulit, terutama di area yang terkena eksim agar kondisinya tidak semakin parah atau meluas. Dilansir dari halodoc.com, penderitanya bisa menghindari iritasi kulit dengan memilih sabun mandi yang kandungan kimianya tidak berat atau berbahan ringan serta mengandung pelembab (emolien). Sabun bayi termasuk yang direkomendasikan untuk penderita eksim agar cepat sembuh.

  1. Mengonsumsi Makanan yang Memicu Alergi
READ  Ciri Folikulitis Peradangan Pada Folikel Rambut

Pasti Anda sudah pernah mendengar kasus alergi makanan, misalnya makanan yang mengandung protein, makanan berminyak, dan jenis makanan tertentu lainnya. Dalam kaitannya dengan eksim atopik, ternyata alergi terhadap makanan bisa memicu semakin parahnya kondisi. Reaksi area yang mengalami eksim atopik adalah gejalanya semakin parah karena reaksi alergi tubuh yang menjadi satu.

Untuk mencegah komplikasi, hindarilah mengonsumsi makanan yang bisa memicu alergi. Anda bisa mengetahui kondisi alergi tubuh melalui pemeriksaan medis. Umumnya, makanan yang dapat memicu alergi adalah telur, susu, kedelai, ikan, kacang, udang, dan makanan berprotein lainnya.

  1. Menggunakan Baju yang Tidak Menyerap Keringat

Keringat juga memicu timbulnya eksim atopik ini. Oleh karena itu, penderitanya harus menghindari keringat berlebih agar kondisi kulitnya tidak semakin parah. Caranya adalah menghindari baju yang tidak menyerap keringat. Tujuannya agar terhindar dari keringat berlebih. Cara lainnya adalah dengan mengganti pakaian jika sudah terkena banyak keringat.

  1. Stres Berlebihan
READ  Simak Cara Ampuh Mengobati Candidiasis

Eksim atopik adalah kondisi yang sensitif, sehingga pengaruh dari segi psikis juga dapat berpengaruh. Jika mengalami stres, maka segeralah untuk meredakannya dengan cara refreshing atau melakukan kegiatan yang menyenangkan.

Berbagai hal yang memicu semakin parahnya eksim atopik di atas memang harus dilakukan agar kondisi kulit cepat sembuh. Kondisi yang sensitif ini harus diperhatikan agar bisa segera sembuh dan tidak menyiksa akibat rasa gatal dan perihnya.

 

Sumber artikel:

www.halodoc.com

www.docdoc.com

 

Sumber gambar:

www.honestdocs.id

www.kabarmaya.co.id

 

You May Also Like

About the Author: Yanti Indriyani